2024 Ini Pemprov Sumbar Siapkan 78 Kalender Event Pariwisata

Kalender Pariwisata Sumbar 2024

Kota Padang2608 Views
1 0
banner 468x60
Read Time:2 Minute, 14 Second

Padang | Sumatera Barat | RumahGadang.News | JSCgroupmedia ~ Di tahun 2024 ini Provinsi Sumatera Barat direncanakan akan melaksanakan sekitar 78 Agenda Pariwisatanya, atau kalender event pariwisata [Calendar Of Events] 2024 di Pantai Purus Padang, Sabtu (20/01/2024).

Ada 78 kalender event yang telah disiapkan, terdiri dari event kategori internasional, nasional dan daerah. Hal ini sebagai wujud komitmen dan keseriusan pemerintah daerah membangun pariwisata Sumatera Barat.

banner 336x280

Betapa tidak. Program pariwisata pascapandemi yaitu Tahun Kunjungan Wisata ‘Visit Beautiful West Sumatra 2023’, sukses menarik kunjungan wisatawan. Kolaborasi dan sinergi dengan segenap pihak berjalan sukses dengan target awal 8,2 juta kunjungan, namun terealisasi 11,2 juta (137,12 %) kunjungan hingga Desember 2023.

“Kita harus terus berupaya agar sektor pariwisata benar-benar tumbuh dan berkembang, agar manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh pihak dengan kreasi dan inovasi,” kata Gubernur.

Gubernur Mahyeldi juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh bupati/wali kota di Sumbar dan seluruh elemen pentahelix pariwisata, baik akademisi, pelaku industri pariwisata, media, dan masyarakat, yang telah bahu-membahu sepanjang tahun 2023 dalam menyukseskan program pariwisata pascapan demi yaitu ‘Visit Beautiful West Sumatra 2023’.

Hasil tersebut dipandang gubernur, sebagai wujud keseriusan dan upaya kabupaten/kota dalam menarik minat wisatawan untuk berkunjung. Oleh karena itu, perlu terus berkreasi dan berinovasi dalam menyelenggarakan iven-iven, agar target kunjungan wisatawan tahun 2024 bisa tercapai dengan baik.

“Semakin banyak iven berkualitas, akan semakin banyak multiplayer effects yang dapat kita harapkan manfaatnya untuk Sumbar,” ujarnya lagi.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Luhur Budianda melaporkan, target tahun 2024 ini adalah untuk memotivasi membangun pengembangan pariwisata Sumbar. Pada tahun 2023, dari target kunjungan wisata 8,2 juta tercapai 11,2 juta kunjungan. Artinya target 2024 bisa dipasang lebih dari 20-30 persen,” katanya.

See also  Bundo Kanduang atau Bundo Kangkuang?

Ia menyebutkan, pihaknya sudah mempersiapkan 78 kalender iven yang terdiri dari beberapa kategori internasional, nasional dan daerah.

“Pada awalnya yang masuk kepada kami sebanyak 131 iven yang kami dapatkan mulai dari OPD provinsi, kab/kota, dan juga dari komunitas. Dari jumlah itu kita kurasi, maka yang bisa diandalkan sebanyak 78 Iven,” tuturnya.

Luhur Budianda menambahkan, pada 2023 yang lalu Pemprov Sumbar telah berhasil menggunakan tagline ‘Visit Beautiful West Sumatra 2023’. Artinya dari tagline ini banyak orang yang mendengarkan dan berkunjung ke Sumbar.

“Oleh karena itu, di tahun 2024 ini kami angkat betul dengan branding Visit Beautiful West Sumatra. Namun yang paling penting adalah untuk menyamakan data wisatawan yang datang ke Sumbar,” ungkap Luhur.

Untuk menyamakan data tersebut, sambung Luhur, Pemprov Sumbar menjalin kerjasama dengan PT. Telkomsel dalam pemanfaatan dashboard Pergerakan Wisatawan (PETA) Sumbar yang merupakan salah satu bentuk peran aktif dari kalangan Industri dalam upaya penyediaan data.

“Kami berharap seluruh pentahelix pariwisata terus ambil bagian dalam berperan dan berkontribusi aktif sesuai bidangnya masing-masing,” harapnya. | RumahGadang.News | KhazMinang | *** |

Happy
Happy
100 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
banner 336x280

Comment

News Feed